Share My Articles by Angga RS

Sensor Gyroscope, Pengertian dan Prinsip Kerjanya

Pengertian Sensor Gyroscope

Gyroscope adalah berupa sensor gyro untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu. Jadi bagaimana dengan Sensor Gyroscope? Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pennguna.


Sensor Gyroscope
Sensor Gyroscope

Prinsip Kerja Sensor Gyroscope

Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna. Gyroscope pada penelitian ini digunakan untuk mengukur sumbu rotasi roket. Sebelum digunakan, sensor gyroscope terlebih dahulu dilakukan proses kalibrasi dengan menggunakan bandul. Proses kalibrasi tersebut berfungsi untuk memperoleh nilai faktor kalibrasi. Gyroscope memiliki keluaran berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yaitu: sumbu x yang nantinya akan menjadi sudut phi (kana dan kiri) dari sumbu y nantinya menjadi sudut theta (atas dan bawah), dan sumbu z nantinya menjadi sudut psi (depan dan belakang).

Sensor Gyroscope Pada Smartphone

Ternyata smartphone yang kita gunakan tanpa disadari menggunakan sensor gyroscope lho. Penggunaan Gyro pada game antara lain untuk game pertempuran, sebelum ini bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kita cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata.

Kelebihan dan Kelemahan Sensor Gyroscope 

1. Harganya yang mahal. 
2. Hanya dapat digunakan jika ada accelerator. 
3. Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah. 
4. Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/ tidak patah-patah 
5. Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.

Sekian artikel dari saya, Terimakasih
Share:

0 comments:

Followers

Total Pageviews

Search This Blog

Archive

Translate